Tentukan ide produknya,
bersamaan dengan itu akan ada cara

Namun, dalam dunia bisnis, kebanyakan yang terjadi kerapkali si
pebisnis membuka bisnis yang dia tidak tahu bisnis yang dia geluti.
Sehingga kerapkali bisnis gagal untuk eksis atau mampu berkembang dengan
baik. Sedangkan bisnis yang berhasil adalah produknya memiliki
‘sesuatu’ dibandingkan produk yang lain, selain juga memenuhi kebutuhan
dari customer. Pada akhirnya dalam dunia bisnis, orang yang
bisa berhasil di dunia bisnis adalah pebisnis yang dapat mencetuskan ide
seperti produk yang mampu menjadi pioneer dibandingkan bisnis yang dibuka hanya untuk ikut-ikutan.
Terkait dengan eksisting bisnis yang
dimulai dari keunggulan produk yang dimiliki, maka setelah itu strategi
marketing bisa dicanangkan. Seperti misalnya bagaimana menggarap customer hingga menyakinkan customer
untuk membeli. Nah, Ide dan kreativitas sangat diperlukan dalam hal
ini. Seorang marketer biasanya jeli menemukan ide menarik untuk
dijadikan landasan dalam memasarkan produk kliennya. Dengan sedikit
sentuhan kreativitas, ide bisa tampil sangat menarik.
Berikut ini tiga panduan sederhana dari Veronica Ratna Ningrum untuk membantu Anda mengemas ide dan kreativitas untuk memasarkan produk Anda ataupun produk milik klien Anda:
![]() |
Veronica Ratna Ningrum |
- Mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Pengetahuan ini dibutuhkan sebab akan menentukan hal apa yang akan dilakukan. Hal ini bisa dilakukan melalui riset pasar sendiri, atau melalui lembaga khusus riset bisnis. Ketika informasi sudah dirasa cukup, maka hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk menentukan strategi marketing.
- Mengemas produk menjadi spesial. Spesial adalah menjadikannya berbeda dengan yang lain atau memiliki keistimewaan dibandingkan dengan produk lainnya. Carilah celah yang bisa dikembangkan berdasarkan hasil observasi produk serupa di pasaran. Dengan demikian, produk tersebut akan dapat tampil lain dari yang lain, dan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut.
- Menjaga kualitas dari produk. Bagian ini juga merupakan aspek yang penting bagi sebuah produk. Jangan sampai loyalitas konsumen yang sudah terbangun kepada sebuah produk, menjadi hilang karena kualitasnya menurun. Usaha untuk menjaga kualitas produk harus terus dilakukan oleh perusahaan, dengan cara melakukan inovasi dan menambah nilai manfaat dari produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar