Follow Us @soratemplates

Selasa, 23 September 2014

KONSEP


KONSEP. Kata ini muncul di obrolan grup teman-teman SMA semalam. Muncul karena adanya pertanyaan "sepele" yaitu 4x2 itu 4+4 atau 2+2+2+2 apakah sama dengan 2x4? Terlihat sepele namun ternyata tidak sepele. Bagi yang berorientasi HASIL pasti langsung menjawab Apa bedanya?
Toh hasilnya sama delapannya. Ya. Hasilnya memang sama-sama 8 (delapan) namun secara KONSEP itu hal yang berbeda. Kok bisa? Ya bisa. Pernah ngga suruh ngumpulin foto untuk syarat ijazah ukuran 4x6? Kalau ngumpulin foto ukuran 6x4? Beda kan? Karena tenyata perkalian itu ada konsep matematikanya. Saya juga baru tahu semalam. Untung ada teman SMA yang dulu kuliahnya ambil Matematika. Sehingga diriku jadi tahu dan mulai sedikit paham tentang konsep matematika perkalian tersebut. Dulu saya pun sempat heran. Kuliah jurusan matematika itu ngapain ya? Bayangan saya matematika itu cuma angka aja. Dan sejak SD nilai matematika saya selalu terendah diantara nilai mata pelajaran yang lain. Makanya saya pas kuliah tidak ambil jurusan yang ada itung-itungannya dan memilih jurusan Kedokteran dengan harapan tidak ada acara hitung-menghitung. Ternyata math is everywhere. Di kedokteran pun ketemu hitung-menghitung! Berapa dosis obat untuk anak, berapa tetes infus per menit untuk anak atau dewasa wkwkwkwk bener ya kadang apa yang kita hindari malah akan kita jumpai. Masuk kedokteran dengan harapan tidak ada hitung menghitung, ternyata setiap hari berjumpa dengan hitungan.

Kembali ke konsep perkalian tadi. Untuk memudahkan saya coba menghubungkan dengan bidang yang saya tahu yaitu kesehatan. Pernah menerima resep dokter? Kemudian tertulis 3x1 tablet/hari? Kalau menurut Anda, itu maksudnya kita harus minum 3 tablet sekaligus atau minum 1 tablet sebanyak 3 kali dalam sehari? Bagi Anda yang menganggap 3x1 dan 1x3 itu hal yang sama, apakah berarti Anda minum obat 3 tablet sekaligus sekali minum? Kalau obatnya ada 2 macam berarti Anda minum 6 tablet sekaligus??? Apakah maksud dokter yang memberi resep juga seperti itu? Ngga kan? Dokter memberi resep 3x1 itu maksudnya agar Anda minum 1 tablet diulang sebanyak 3 kali dalam sehari. Berarti KONSEP itu merupakan hal PENTING. #noted

Berawal dari kata konsep semalam, pagi tadi dalam perjalanan menuju kantor, saya benar-benar merenungkan makna konsep.  Saya berpikir bahwa selama ini kita terlalu berorientasi pada hasil. Dalam hal apapun. Menjamurnya bimbingan belajar dengan slogan "100% lulus UN. Tidak LULUS uang kembali". Bisa kita lihat betapa yang dilihat HANYA: LULUS/TIDAK! (Lulus/tidak=HASIL) Kalau bimbel aja bisa garansi kayak gitu dan kalau orientasi kita hanya ingin lulus, ngapain kita susah-susah sekolah? Masuk bimbel aja. Ya kan? Sekolah masuk tiap hari dan diajar guru tiap hari aja ga bisa menjamin siswanya lulus. Yang LULUS pun ada banyak kemungkinan. Dua diantaranya memang pintar dan hasil mencontek/cara tidak halal yang penting lulus. Bagaimana menurut Anda? Konsep apa yang ingin Anda tanamkan pada diri Anda? Yang penting HASIL? Atau PROSES? Dan manakah yang menurut Anda akan SUKSES? #instropeksi

Kata-kata KONSEP, HASIL, PROSES, SUKSES ini membuat saya sepulang kantor langsung buka blogger. Membuat saya ingin segera menuliskan apa yang menjadi pikiran saya. Kata-kata tersebut sangat mempengaruhi kehidupan. Kehidupan saya, mungkin juga kehidupan Anda. Saya tidak akan menuliskan definisi dari kata-kata itu tapi saya ingin berbagi apa yang saya pikir tentang kata-kata itu. Kemarin saya juga sempat terhenyak saat seorang sahabat menulis status tentang arti SUKSES menurutnya. Dan itu benar-benar membuka mata saya. Membuat saya kembali menata KONSEP hidup saya, menjalani PROSES yang harus dilalui, merasa SUKSES atas pencapaian yang telah kita raih sekecil apapun dan HASIL hanya efek dari apa yang telah kita lakukan.   #semangat


Contoh yang bisa saya berikan berhubungan dengan kata KONSEP, PROSES, SUKSES & HASIL adalah sebagai berikut : Anda sedang sakit dan memeriksakan diri ke dokter. Oleh dokter Anda diperiksa dan didiagnosa sakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas. Oleh dokter Anda diberi 2 macam obat dengan aturan minum 3x1 untuk masing-masing obat. Maka harusnya kita PATUH pada konsepnya yaitu minum obat sehari 3 kali 1 tablet untuk masing-masing obat. Jangan karena menganggap 3x1 dan 1x3 itu sama terus Anda langsung minum 3 tablet sekaligus untuk masing-masing obat jadi 6 tablet langsung Anda minum pada satu hari. Bukan kebaikan yang didapat, overdosis iya, kerusakan pada hati dan ginjal efeknya. Ingat konsepnya dan patuhi! Kemudian sukai PROSESnya. Artinya kalau kita diberi obat untuk 3 hari ya berarti kita harus jalanin proses minum obat sehari 3 kali selama 3 hari berturut-turut. Jangan karena sekali minum obat kemudian badan terasa enakan, Anda langsung berhenti minum obat. Apalagi kalau obat itu antibiotik. Dan rasakan SUKSESnya pengobatan setiap hari dengan perubahan-perubahan pada tubuh yang kita rasakan. Dan HASIL sembuh/tidak itu kuasa Allah SWT/Tuhan. Betul kan? Kita yang udah berusaha aja kadang memperoleh hasil tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan apalagi yang tidak berusaha sama sekali, ya jangan salahkan kalau tiada perubahan dalam diri Anda. #selfreminder

Jadi menurut saya, HASIL adalah EFEK dari perbuatan atau tindakan kita. Dan SUKSES itu bukan hasil. SUKSES itu bukan TUJUAN. SUKSES itu perjalanan. Pernah tahu quote Succsess is a JOURNEY not a destination. Karena sukses itu bukan destinasi maka kita selalu berproses untuk sukses. Selalu ada peningkatan yang kita rasakan. Selalu ada nilai positif yang bisa kita ambil. SUKSES=SUKaproSES.



Slogan yang bisa saya buat dari 4 kata itu adalah : Patuhi KONSEP-nya, Sukai Prosesnya, Raih SUKSES dan rasakan HASIL-nya. 

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar