Follow Us @soratemplates

Senin, 05 Oktober 2020

Mau Piknik? Ini 7 Rekomendasi Wisata di Ngargoyoso Yang Wajib Dikunjungi



Piknik. Siapa sih yang ngga suka piknik? Keluar sebentar dari rutinitas yang biasa kita lakukan, menghilangkan kejenuhan dan mendapatkan kembali energi juga semangat untuk beraktifitas lagi. Jiwa raga terasa full power kayak batere yang baru di-charge


Namun ternyata ada juga lo yang ngga suka piknik dan stress duluan bahkan sebelum berangkat piknik. Mungkin bayangannya kalau piknik itu harus jauh dan butuh biaya banyak. Padahal piknik itu ga harus jauh lo dan bisa juga dengan biaya minim. 


Caranya? 

Eksplore daerah wisata di sekitar tempat tinggal kita, cari info tentang wisata yang ada disekitar kita yang terjangkau jarak dan biaya. Bahkan sekarang tinggal gugling maka akan kita temukan banyak sekali  Rekomendasi Wisata. Tinggal kita cari yang sesuai keinginan kita. 


Nah, kali ini saya mau kasih Rekomendasi Wisata yang ada di sekitar saya ya. Tepatnya di daerah Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Begitu banyak potensi wisata di Karanganyar mulai dari Wisata Alam, Budaya bahkan Kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Saya hanya akan berbagi 7 rekomendasi Wisata di Ngargoyoso yang merupakan sebagian dari seluruh potensi wisata yang ada di Karanganyar. Jangan lewatkan ya. 



7 Rekomendasi Wisata di Ngargoyoso



1. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di daerah dataran tinggi Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota Karanganyar (sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi) atau 40 km dari Solo (kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi). Candi Sukuh merupakan Candi peninggalan Hindu. 

Pesona Alam sekaligus bangunan cagar budaya bisa kita lihat disini. Wisata Alam sekaligus wisata budaya menguak sejarah yang bisa kita lihat dari relief candi. Dengan tiket masuk hanya 7.000 rupiah bagi wisatawan lokal dan 25.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Murah kan? Buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore (08.00-17.00). Bahkan mulai 1 Oktober 2020, sudah bisa menggunakan tiket elektronik di Candi Sukuh.

Bagi yang akan ke Candi Sukuh dengan kendaraan pribadi, sebaiknya harus mengetahui bahwa medan yang ditempuh cukup berliku dan menanjak. Sehingga diperlukan keahlian dan kendaraan yang sesuai. Dan selama pandemi, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama bepergian demi kebaikan dan kesehatan kita bersama. 



Foto Koleksi Pribadi yang menunjukkan betapa berliku dan menanjaknya jalan ke Candi Sukuh.

Foto Koleksi Pribadi yang menunjukkan jalan berliku dan menanjak serta sempit


Foto Koleksi Pribadi yang diambil dari Pelataran Candi Sukuh

Foto Koleksi Pribadi. Ini sebenarnya merupakan gerbang masuk candi namun saat ini sudah tidak digunakan sebagai pintu masuk wisatawan

Tangga Bangunan Utama Candi Suku (Foto Koleksi Pribadi)



2. Air Terjun Jumog

Bagi yang suka wisata alam, tempat wisata yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Berlokasi di desa yang sama dengan Candi sukuh (Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar), tempat ini menawarkan pemandangan alam air terjun yang mempesona.  Dengan harga tiket masuk 10.000 bagi wisatawan lokal dan 15.000 bagi wisatawan mancanegara. Buka setiap dari dari jam 08.00 hingga 16.30.

Wisata Air Terjun Jumog juga ramah anak. Ada fasilitas kolam renang yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain air. Dan jangan takut kelaparan, karena banyak penjaja makanan yang siap melayani Anda di kawasan wisata Air Terjun Jumog. 

Namun jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya apabila Anda akan berwisata dalam waktu dekat ini. Kesehatan Anda yang utama.


Kolam Bermain Anak (Foto Koleksi Pribadi)


Air Terjun Jumog (Foto Koleksi Pribadi)


Pemandangan Dalam Kawasan Air Terjun Jumog (Foto Koleksi Pribadi)



3. Telaga Madirda

Masih di desa yang sama dengan Candi Sukuh dan Air Terjun Jumog (Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar), ada tempat wisata yang baru yaitu Telaga Madirda. Asyik kan dalam satu area ada banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Untuk telaganya sendiri sebenarnya sudah ada sejak dulu namun baru dipercantik dan launching tahun 2020. 

Banyak Fasilitas yang ditawarkan di wisata Telaga Madirda. Diantaranya adalah : Camping Ground, Perahu (kano), Perahu Bebek Anak, Perahu Bebek Dewasa, Spot Selfie, Gazebo dan beberapa fasilitas lain yang masih dalam pengembangan (sumber : https://jelajahkaranganyar.id/telaga-madirda)


Telaga Madirda sebelum dipercantik (Foto Koleksi Pribadi)


Telaga Madirda setelah dipercantik tahun 2020 (Sumber Gambar : Jelajah Karanganyar)



4. Kebun Teh Kemuning

Rekomendasi Wisata berikutnya adalah Kebun Teh Kemuning. Masih di wilayah Kecamatan Ngargoyoso namun beda desa dengan 3 tempat wisata sebelumnya (Candi Sukuh, Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda) yang terletak di Desa Berjo maka Kebun Teh ini berada di desa Kemuning. Hanya sekitar 15 menit waktu yang kita perlukan untuk berpindah dari Desa Berjo ke Desa Kemuning. 


Foto Koleksi Pribadi



Di Kemuning terhampar kebun teh yang luas. Dan terdapat banyak tempat kuliner yang akan saya bahas tersendiri di postingan ini juga. Bagi yang hobi foto, Kebun Teh Kemuning tidak boleh dilewatkan karena banyak spot foto baik yang gratis maupun berbayar yang bisa mempercantik timeline medsos Anda. 


Kebun Teh Kemuning
(sumber foto : https://www.karanganyarkab.go.id/20110704/agro-wisata-kebun-teh-kemuning)


Selain untuk tempat foto, kebun teh Kemuning juga menawarkan wisata off road jeep yang akan membawa Anda berkeliling kebun teh yang luas itu. Juga terdapat permainan air (tubing) bagi Anda yang suka main air dan Paralayang yang akan memacu adrenalin Anda.  Lengkap kan yang ditawarkan? Tunggu apa lagi? Ayo ke Kemuning. Tapi jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya. Jangan sampai kita menulari atau ketularan.


5. Agro Wisata Jambu 

Masih di Kecamatan Ngargoyoso, kita bergeser sedikit ke desa berikutnya, Desa Jatirejo. Desa yang merupakan sentra perkebunan jambu. Disana, selain bisa memetik sendiri jambu dari pohonnya di kebun jambu, kita juga bisa menikmati berbagai olahan jambu merah seperti keripik, jus dan es krim yang semua berbahan jambu. Asyik kan?


Foto Kebun Jambu koleksi Pribadi

Sentra Olahan Berbahan Jambu Merah di Agrowisata Jambu Merah (Foto Koleksi Pribadi)


Bahkan di Agrowisata Jambu, juga menyediakan sarana outbound dan tempat untuk mengadakan pertemuan skala kecil maupun besar. Di Desa Jatirejo terdapat beberapa kebun yang bisa Anda kunjungi. Di kebun juga tersedia spot selfie yang akan memuaskan hasrat selfie Anda. Dan ingat, patuhi protokol kesehatan saat berwisata ya. Kita tidak pernah tahu apa dan siapa yang akan kita temui sehingga menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan saat bepergian sangat dianjurkan. 


6. Kampoeng Karet

Sudah ke kebun teh, kebun jambu, saatnya sekarang mengunjungi kampoeng karet yang terletak di Desa Puntukrejo,kecamatannya masih sama Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Disini tersedia fasilitas seperti outbound, camping ground dan resto. Juga tersedia wahana Flying Fox, Spot Selfie, Kolam Renang dan Terapi Ikan. Info lengkapnya bisa kunjungi https://www.kampoengkaret.com



Sumber Gambar dari : https://www.karanganyarkab.go.id/20180116/kampoeng-karet




Sumber Gambar dari : https://www.kampoengkaret.com


Sumber Gambar dari : https://www.kampoengkaret.com


Sumber Gambar dari : https://www.kampoengkaret.com


7. Wisata Kuliner Ngargoyoso

Udah capek berkeliling Ngargoyoso, sekarang saatnya kita makan. Saatnya memanjakan lidah dengan berbagai pilihan kuliner yang lezat. Hampir ada puluhan resto di Ngargoyoso yang bisa Anda kunjungi. Ada Ndoro Dongker dengan berbagai pilihan tehnya, ada Medjora cafe dengan kopinya, Mbak Ning dengan ayam timnya, Ada resto Bali Ndeso, Blowing, Omah Kodok, Kemuning resto, Dono resto, Java resto, Bale Branti, De Kemoening resto, Segoro ijoTaman Saraswati, juga Rumah Makan Special Tim & Panggang Bu Tutik yang dikelola teman saya. Semua resto itu berada di Ngargoyoso lo. Kenapa saya begitu hapal? Karena saya pernah bertugas di Ngargoyoso selama 12 tahun.   


Proses Pemasakan Ayam di Rumah Makan Bu Tutik (Foto Koleksi Pribadi)



Ayam Panggang RM Bu Tutik (Foto Koleksi Pribadi)

Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Ngargoyoso ya. Ada Timus Bligo (olahan dari ubi ungu), berbagai keripik sayuran dan singkong jalak towo yang empuk. Juga Teh Kemuning yang seperti ada rasa-rasa kopi saat diminum. Terasa berbeda dengan teh yang lain. Sungguh pengalamam wisata yang lengkap yang akan Anda dapatkan saat Anda berwisata ke Ngargoyoso.



Masih banyak tempat wisata di Ngargoyoso yang belum saya ulas. Mungkin lain kali akan saya ulas lagi tempat wisata yang lain. Rekomendasi Wisata terbaru di Ngargoyoso pada khususnya dan di Karanganyar pada umumnya. 

Saatnya kita piknik untuk refresh kembali agar tidak jenuh namun selalu patuhi protokol kesehatan selama berwisata. Karena semua orang berpotensi menularkan. Maka mari kita saling menjaga. 

3 komentar:

  1. Mbak, ini didataran tinggi kah? Viewnya mirip2 didaerahku, seger sehehe

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke Kampoeng Karet, mau masukkin wishlist dah! Banyak fasilitas untuk keluarga ya di sana, jadi bisa lebih asikk

    BalasHapus
  3. Ini deket2 arah boyolali bukan mak?

    BalasHapus