Follow Us @soratemplates

Selasa, 15 September 2020

Foto Oke Cuma Pakai Hape

Foto Oke Cuma Pakai Hape merupakan webinar pertama yang saya ikuti dari rangkaian webinar Ngeblog Bareng IM3 Ooredo dengan IIDN. Rangkaian webinar dengan tema utama "Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog" diadakan mulai 01 September - 10 Oktober 2020 dan kita boleh memilih untuk mengikutinya dengan mendaftar pada link yang ada di grup IIDN. Sungguh suatu kesempatan yang sangat baik bagi saya yang mengaku blogger tapi blognya sudah lama tidak diupdate. Semoga dengan mengikuti webinar ini bisa mengembalikan lagi semangatku untuk ngeblog lagi. 




Foto Oke Cuma Pakai hape


Kelebihan dan Kekurangan Motret Pakai Hape

Webinar ini merupakan Webinar Episode #04 yang dibawakan oleh Ranny Afandi seorang Blogger yang juga seorang Food Phographer. Materi ini sangat menarik karena saat ini siapa yang tidak punya hape? Tentunya ingin kan kita menghasilkan foto yang bagus dengan hape yang kita punya. Ya. Alasan ingin bisa motret dengan baik hanya pakai hape membuat saya memilih mengikuti webinar ini.

Beberapa kelebihan motret pakai hape diantaranya adalah mudah dioperasikan dan menghasilkan foto yang bisa langsung kita bagikan ke media sosial. Bahkan saat ini banyak aplikasi editing yang bisa kita pakai untuk mempercantik foto yang kita hasilkan.  Harga hape yang variatif dan terjangkau dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa membuat kita semakin mudah motret dan menangkap momen sesuka hati kita. Namun motret pakai hape juga ada kekurangannya yaitu rawan distorsi dan tidak bagus motret dikondisi minim cahaya karena fitur belum selengkap DSLR atau mirrorless sehingga kualitas foto belum setara dengan foto yang dihasilkan dengan DSLR.

Nah, di webinar ini disampaikan bagaimana kita bisa meminimalis kekurangan tersebut. Salah satunya dengan mengaktifkan GRID (garis bantu kotak-kotak) di hape kita dan mulai belajar menggunakan manual setting. Mak Ranny memberikan patokan untuk setting ISO dan SS (Shutter Speed). 

ISO - Semakin tinggi semakin terang fotonya.
SS - Semakin rendah, fotonya terang

 

 Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum Motret dengan Hape

  1.  KONSEP
  2. CAHAYA
  3. ANGLE FOTO
  4. KOMPOSISI

1. KONSEP
    Konsep adalah nyawa bagi foto. Sebelum memulai motret, sebaiknya kita menentukan konsep terlebih dahulu. Mau konsep simple, tradisional dan sebagainya. Juga menentukan kita akan motret dengan cahaya melimpah (hi-key) atau sebagian area gelap (low key).

2. CAHAYA
        Kita bisa memanfaatkan cahaya ilahi alias natural light. Kita harus eksplor setiap sudut di rumah kita untuk bisa menentukan spot terbaik yang bisa langsung kena sinar matahari. Dan kita juga harus mengamati pada jam-jam berapa cahaya itu masuk ke spot yang kita pilih dan warna cahaya yang akan mempengaruhi hasil foto. Selain mengetahui tempat dan waktu cahaya yang terbaik yang kita butuhkan, kita juga harus menentukan ARAH CAHAYA sesuai konsep yang telah kita tentukan. Untuk menguatkan cahaya, kita bisa gunakan reflektor cahaya yang bisa kita pakai dari cermin atau alas kue yang berlapis aluminium foil

3. ANGLE FOTO
        Untuk mengambil foto, kita harus menentukan Angle Foto agar foto yang kita hasilkan sesuai dengan harapan kita. Angle Foto bisa Horizontal, kemiringan10-20 derajat, 45 derajat atau 90 derajat sesuai konsep yang kita tentukan diawal. 

4. KOMPOSISI 
        Selain konsep, cahaya dan angle foto, kita harus bisa menentukan komposisi foto yang akan kita potret. Komposisi ini penting karena akan menonjolkan obyek yang akan kita potret.


Demikian hasil webinar dasar fotografi yang saya ikuti. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar