Minggu, 17 Maret 2013

Sang Konsultan Marketing (Bagian 3)

15.54.00 0 Comments
Sebagai seorang woman marketing. Veronica Ratna Ningrum adalah pribadi yangg luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan client relation.
 Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica Ratna Ningrum.
 (Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)


Veronica Ratna Ningrum, adalah seorang konsultan marketing yang reputasinya mulai mencuat dan dikenal dalam dunia bisnis di Indonesia. Kesuksesannya mengantar sejumlah klien dalam menaikkan tingkat penjualan mereka, membuat kehadirannya diperhitungkan dalam kancah bisnis. Sekalipun Veronica Ratna Ningrum baru memulai usahanya di bidang jasa konsultasi marketing di tahun 2006, namun kehandalannya dalam soal strategi marketing tergolong unik dan progresif. Beberapa Bank asing dan lokal yang selama dua tahun ini menggunakan jasanya, menuai sukses  saat meluncurkan programnya.

Sebagian besar kliennya di sektor jasa Konsultan Marketing yang sudah enam tahun ditekuninya ini, memang tidak jauh dari dunia perbankan. Dia memiliki sejumlah klien loyal dari bank lokal serta bank luar, yang dibantunya untuk mengembangkan program acquisition, program redemption, loyalty rewards bagi customer, dan program lainnya. Semua program tersebut dirancangnya secara unik, beda, dan menjadikan setiap bank tersebut memiliki program yang khas.

Konsultasi marketing adalah bidang jasa yang paling dibutuhkan oleh setiap pebisnis saat ini. Sebab, tanpa sentuhan tangan seorang ahli marketing, maka sehebat apapun sebuah produk, niscaya tidak akan sampai secara optimal ke tangan pelanggan. Veronica Ratna Ningrum menerapkan keahliannya pertama kali pada Vey Katering, sebuah perusahaan jasa boga yang dirintisnya. Dari situ, dia mulai menapak langkah lebih maju dengan menangani sejumlah klien lain di bidang jasa boga. Selanjutnya, ia merambah pada segmen dunia perbankan, yang dulu menjadi titik awal karirnya sebelum menjadi konsultan mandiri.

Sejak kecil, Veronica Ratna Ningrum sudah terlatih mencari uang sendiri dengan cara berjualan kepada teman-temannya. Jiwa entrepreneurnya yang berkembang sejak masa sekolah dasar itu, menjadi semakin mekar manakala dia menemukan keasyikan tersendiri dalam bidang marketing. Sehingga, sepulang kuliah dari negeri Paman Sam, Veronica Ratna Ningrum memutuskan untuk menerjuni bidang konsultasi marketing secara total.

Selain sebagai konsultan, Veronica Ratna Ningrum juga menjadi motivator bisnis. Ia dikenal sebagai pribadi yang total saat memberikan ilmu dan kiat-kiat pemasaran. Tidak hanya berupa konsep, Veronica Ratna Ningrum juga memberikan solusi serta teknik eksekusi yang tepat terhadap setiap masalah yang dihadapi oleh kliennya. Dengan totalitasnya, tidak heran jika kliennya merasa puas dengan jasa Veronica, dan kepiawaiannya mulai tersebar dari mulut ke mulut. Satu demi satu klien berdatangan, dan Veronica Ratna Ningrum semakin mantap menempatkan dirinya dalam jajaran konsultan marketing.

Semangat mudanya masih membara, namun ketika menghadapi klien, Veronica Ratna Ningrum mampu bersikap layaknya seorang profesional atau guru yang sudah lama malang melintang di dunianya. Tidak mengherankan, sebab ia sudah mempelajari bidang ini sejak lama, bahkan menambah ilmunya hingga ke Amerika Serikat. Tidak muluk sebenarnya mimpi besar dia. Veronica Ratna Ningrum hanya ingin memberi kontribusi secara nyata bagi dunia marketing di Indonesia.






Sang Konsultan Marketing (Bagian 2)

14.59.00 0 Comments
Veronica Ratna Ningrum orangnya gesit dan tidak pernah lelah. 
Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk mendapatkan solusi pada setiap persoalan. 
Karakter ini sangat baik untuk bisnis yang dia jalankan.”
 (Kemal, Investor)


Sebuah bisnis berprospek cerah dan yang paling dibutuhkan oleh setiap pebisnis saat ini adalah konsultan marketing. Sebab, tanpa sentuhan tangan seorang ahli marketing, maka sehebat apapun sebuah produk, niscaya tidak akan sampai secara optimal ke tangan pelanggan. Dengan kata lain, marketing merupakan ujung tombak sebuah usaha. Tanpa adanya marketing yang jitu, produk atau jasa seseksi apapun tidak akan berbunyi dan menghasilkan aset. Veronica Ratna Ningrum, seorang ahli marketing sekaligus konsultan marketing, membuat formula dan kiat sukses untuk para pelaku marketing.
 
Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum:
  1. Jadilah MATA-MATA. Seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar, maka jadilah mata-mata di pasar Anda. Menurut Veronica Ratna Ningrum, kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing Anda. Jika seorang pelaku marketing tidak memedulikan kebutuhan pasar, maka sama dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.
  2. Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica Ratna Ningrum, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaaannya kepada khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh. Belum lagi kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.
  3. Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica Ratna Ningrum, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
  4. Pertajam INTUISI. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
  5. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
  6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
  7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.
  8. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
  9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
  10. Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.





Sang Konsultan Marketing (Bagian 1)

14.42.00 0 Comments
Persaingan bisnis semakin ketat. Banyak bisnis-bisnis baru bermunculan. Menghadapi persaingan, para pemilik bisnis harus membuat gebrakan baru. Kalau tidak bisa membuat sesuatu yang baru dalam bisnis, maka jangan harap bisnis mereka akan berkembang. Namun, pemilik bisnis kadang sudah terlalu disibukkan dengan urusan produksi sehingga mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk mengembangkan bisnis mereka. Nah, biasanya pada saat itulah pemilik bisnis meminta seorang konsultan marketing untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Karena menurut mereka, tanpa seorang konsultan marketing, maka sehebat apapun sebuah produk, niscaya tidak akan sampai secara optimal ke tangan pelanggan.

Konsultan marketing yang sukses salah satunya adalah Veronica Ratna Ningrum. Veronica  tidak asing dengan dunia bisnis. Sebelum menjadi konsultan marketing independen, dia pernah bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, event organizer, televisi, rumah sakit, dan sejumlah perusahaan asing lainnya. Pengalamannya bekerja di sejumlah sektor yang dekat dengan dunia finansial, bisnis dan servis, mengantar Veronica Ratna Ningrum bertemu dengan pemilik bisnis Vey Catering. Pemilik Vey Catering memintanya menjadi konsultan untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Veronica Ratna Ningrum memutuskan untuk menerimanya, dan dia sukses mengantar Vey Catering berjaya di dunia bisnis katering yang sarat persaingan.


Setelah kesuksesannya tersebut,Veronica Ratna Ningrum jatuh hati pada bidang konsultan marketing, dan memutuskan melanjutkan karir ke dunia tersebut. Dia merasa bahwa marketing adalah pekerjaan yang sangat menantang. Terutama karena pengalamannya di dunia perbankan, yang sangat menunjang dan terkait erat dengan bidang baru yang ditekuninya. Demikianlah, akhirnya Veronica Ratna Ningrum melompati jalur; dari yang semula sebagai karyawan, menjadi pebisnis mandiri sebagai konsultan marketing.


Veronica Ratna Ningrum adalah tipe orang yang tidak pernah berhenti menimba ilmu dan pengalaman baru. Dia terus berimprovisasi untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada setiap customer, dengan berbekal pengalaman dan wawasannya dalam sektor bisnis. Dia memanfaatkan jaringan kolega dan networking yang telah dimilikinya, untuk menambah pengetahuan serta memperluas relasi dengan klien. Sebagian besar kliennya di sektor jasa Konsultan Marketing yang sudah tiga tahun ditekuninya ini, memang tidak jauh dari dunia perbankan. Dia memiliki sejumlah klien loyal dari bank lokal serta bank luar, yang dibantunya untuk mengembangkan program acquisition, program redemption, loyalty rewards bagi customer, dan program lainnya. Semua program tersebut dirancangnya secara unik, beda, dan menjadikan setiap bank tersebut memiliki program yang khas.


Ibu satu anak yang masih tetap langsing ini ternyata juga memiliki hobi traveling. Bali, Amerika, dan Asia, adalah kawasan yang menjadi pilihannya untuk berlibur sekaligus melihat dunia bisnis dari kacamata yang berbeda. Dengan cara itu, rasa dahaganya terhadap ilmu bisnis menjadi terpuaskan. Selain traveling, Veronica Ratna Ningrum juga hobi membaca. “Dari hobi itulah, saya bisa menyerap banyak ilmu dan mendapatkan ide untuk terus berkembang,” ujarnya dengan mata berbinar.


Kiat sukses Veronica Ratna Ningrum dalam jasa Konsultan Marketing adalah dengan benar-benar menempatkan customer sebagai raja. Dia senantiasa berusaha memberikan pengalaman serta kesan berbeda bagi setiap customer-nya. Dia menjadi sahabat, sekaligus pendengar yang baik bagi klien. Dia tidak pernah segan berbagi inspirasi dan ilmu bagi mereka yang ingin terjun di dunia bisnis. Targetnya adalah menyebarkan seluas mungkin setiap ilmu yang dia miliki di bidang marketing. Veronica Ratna Ningrum yang terjun di bidang bisnis sejak tahun 2006 ini, memberikan pelayanan “one stop service” kepada kliennya, sehingga mereka tidak perlu bersusah-payah melakukan eksekusi pada setiap konsep yang dia tawarkan. Veronica Ratna Ningrum memiliki tim handal untuk menjalankan semuanya, dan klien hanya tinggal mendapatkan laporan pelaksanaan serta eksekusi konsep darinya.

Sejak kecil, Veronica Ratna Ningrum sudah mencanangkan mimpi yang sangat tinggi, yakni menjadi pengusaha sukses dan ternama. Baginya, sukses bukanlah hal yang dicapai karena latar belakang ekonomi keluarga, namun lebih karena ketekunan, disiplin, tidak mudah menyerah, terus belajar, dan berdoa. Anak bungsu dari enam bersaudara ini dibesarkan dalam keluarga yang sangat disiplin dan menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan. Ditambah lagi dengan latar belakang pendidikan marketing di negara Paman Sam, membuat Veronica Ratna Ningrum semakin mencintai jalur yang dipilihnya, dan memacu semangatnya untuk menjadi pebisnis sukses. 
 Berikan yang unik dan berkesan bagi customer Anda. 
Setiap customer adalah raja, dan raja selayaknya mendapatkan layanan terbaik. 

Selasa, 05 Maret 2013

Marketing Ala Veronica

21.51.00 0 Comments
Sebagai seorang woman marketing. Veronica adalah pribadi yangg luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan client relation. Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica. 
(Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)


Marketing merupakan ujung tombak sebuah usaha. Tanpa adanya marketing yang jitu, produk atau jasa seseksi apapun tidak akan berbunyi dan menghasilkan aset. Veronica Ratna Ningrum, seorang ahli marketing sekaligus konsultan marketing, membuat formula dan kiat sukses untuk para pelaku marketing.

Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum :
  1. Jadilah MATA-MATA. Seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar, maka jadilah mata-mata di pasar Anda. Menurut Veronica Ratna Ningrum, kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing Anda. Jika seorang pelaku marketing tidak mempedulikan kebutuhan pasar, maka sama dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.
  2. Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica Ratna Ningrum, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaaannya kepada khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh. Belum lagi kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.
  3. Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica Ratna Ningrum, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
  4. Pertajam INTUISI. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
  5. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
  6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
  7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.
  8. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
  9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
  10. Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat. 
 Benar-benar tips yang cerdas. Sering kita dengar namun kadang tidak tepikir untuk melakukan. Ingin usaha Anda sukses? Terapkan marketing ala  Veronica Ratna Ningrum ini.






Saatnya Bahagia

21.23.00 1 Comments
Bahagia adalah hak semua orang. Ada seorang teman pernah berkata "Kalau kamu ingin bahagia, ciptakanlah kebahagian itu dari dirimu sendiri. Jangan pernah mencari kebahagian. Karena bahagia itu ada dalam dirimu bukan dari orang lain atau tempat lain"

Saat ini mungkin Anda merasa tidak bahagia. Anda merasa bagaimana mungkin bisa bahagia apabila selalu terjadi hal buruk dalam kehidupan masa lalu Anda. Anda menganggap bahwa bahagia itu hanya bisa diraih jika tidak terjadi sesuatu yang buruk di masa lalu. Anda meyakini bahwa bahagia itu selalu bersyarat. Namun bahagia sebenarnya bukanlah sesuatu yang bersyarat, seperti yang diyakini banyak orang. Sebab, kebahagiaan akan hadir dengan sendirinya ketika Anda memilih untuk ikhlas dan mengampuni masa lalu, serta menanamkan rasa bahagia itu dalam hati serta pikiran Anda.

Ya. Bahagia tidaknya seseorang tergantung pada pilihannya. Walaupun begitu kelam masa lalu Anda, apabila Anda memutuskan MEMILIH UNTUK BAHAGIA, maka Anda akan bahagia. Karena kebahagian bukan ditentukan oleh masa lalu, namun lebih ditentukan oleh seberapa kuat Anda dapat mengampuni masa lalu.

Adjie Silarus mengibaratkan keikhlasan dan pengampunan masa lalu, seperti halnya bumi yang selalu memaafkan manusia pada setiap kesalahan yang mereka perbuat. “Manusia perlu belajar memaafkan. Jadilah orang yang pemaaf, bukan pendendam. Masa lalu bukan sesuatu yang harus dibawa dalam setiap perjalanan. Masa lalu justru adalah jalan pembuka masa depan,” kata Adjie Silarus.

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini selanjutnya menuturkan, bahwa tidak sulit untuk memulai mengampuni masa lalu yang meninggalkan trauma dalam diri. Cukup dengan memulai bermeditasi secara teratur, memejamkan mata, sadari sepenuhnya seluruh rasa dalam diri kita dan kita terima segala kebencian apa adanya. Kemudian perlahan menghirup udara, dan menghembuskan napas dengan membayangkan seolah-olah segala racun dalam hati kita peluk dengan penuh kasih sayang bersama hembusan napas itu.

Adjie Silarus mengatakan, bahwa trauma ibarat sumber karat yang memenuhi jantung, hati, dan diri seseorang, yang kemudian akan merongrong kesehatan fisik mereka sendiri. Rasa sakit dan trauma yang tidak diatasi, akan membuat seseorang merasa kecil  dan sempit di tengah kehidupan yang sebenarnya besar dan luas. “Karenanya, bangkitlah. Anda harus mencari bahagia dengan cara ternyaman yang Anda bisa. Sembuhkan diri Anda, dan hiduplah dengan tenang di masa kini. Ampunilah trauma dan masa lalu itu,” dorong Adjie Silarus , dengan nada suara yang memotivasi sekaligus meneduhkan.

Jadi apabila selama ini Anda meyakini bahwa bahagia itu selalu bersyarat dan hanya bisa diraih jika tidak terjadi sesuatu yang buruk di masa lalu. Seperti kehilangan kekasih, atau ditipu rekan kerja sampai bangkrut. Pendek kata, Anda meyakini bahwa setiap kejadian buruk adalah sumber dari rasa kecewa serta ketidakbahagiaan. Maka Anda harus tahu bahwa kebahagiaan seharusnya tidak ditentukan oleh masa lalu, kebahagian hanya akan hadir jika Anda MEMILIH UNTUK  BAHAGIA!

Kunci bahagia adalah dengan belajar memadukan masa lalu, masa kini, dan masa depan, menjadi sebuah kekuatan yang utuh. Adjie Silarus menyarankan untuk belajar melupakan setiap hal buruk di masa lalu, membuang trauma, dan mengikis dendam dengan cara menenangkan diri dan memasuki keheningan. “Meditasi membantu Anda membebaskan diri dari beban jiwa. Meditasi juga dapat membantu Anda mengampuni masa lalu dan menyembuhkan trauma,” ujarnya.

Kini, sudahkah Anda mengampuni masa lalu? Dan, sudahkah Anda bermeditasi hari ini?