Follow Us @soratemplates

Senin, 14 November 2016

Gaya Hidup Seimbang

Akhir - akhir ini semakin gencar mempromosikan gaya hidup sehat. Di supermarket makin mudah menemukan sayur dan buah organik bahkan bumbu instan yang mengklaim bebas msg dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar minat orang untuk mulai hidup sehat.

Sebenarnya hidup sehat itu gimana sih? Gaya hidup sehat sebenarnya terletak pada keseimbangan. Keseimbangan apa? Keseimbangan pemenuhan zat gizi untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas.

Nah bagaimana dengan beberapa metode yang menyuruh kita mengurangi suatu zat dan melebihkan sesuatu yang lain? Zat apa saja sih yang sebenarnya kita butuhkan? Mari kita telaah bersama

Perlu kita ketahui kandungan dan manfaat dari makanan yang kita makan. Dalam makanan yang kita makan harus terdiri dari Karbohidrat, Protein, Lemak dan Vitamin Mineral dalam jumlah seimbang dan sesuai kebutuhan. 

Berikut saya sampaikan beberapa manfaat dari zat gizi. Karbohidrat itu merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Protein kita butuhkan untuk membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak. Lemak merupakan penghasil energi dan juga merupakan zat pelarut bagi beberapa vitamin. Sedangkan vitamin dan mineral merupakan zat pengatur yang diperlukan beberapa organ tubuh agar berfungsi baik. Ini hanya sebagian dari manfaat zat gizi ya. Masih banyak manfaat yang lain. Insyaallah nanti akan saya bahas lebih detail masing-masing. Sekarang sekilas ini dulu ya. 

Setelah mengetahui fungsi dan peranan dari masing-masing zat gizi, kita jadi tahu bahwa semua zat gizi itu diperlukan oleh tubuh. Jadi semua zat gizi itu harus ada dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Tidak adanya satu dua zat gizi dalam jangka waktu lama tentu akan mempengaruhi tubuh dan tentunya akan berimbas pada kesehatan kita juga. 

Jadi sebaiknya kita tidak menghilangkan zat gizi tertentu dalam diet kita namun kita hanya perlu mengatur berapa banyak yang kita masukkan ke dalam tubuh sesuai kebutuhan. Dan tentu masing-masing orang akan berbeda. Mungkin ada yang butuh Karbohidrat lebih besar karena dia seorang pekerja bangunan misalnya. Namun bagi yang kerja hanya dibelakang meja dan kurang gerak makan protein lebih banyak. 

Demikian yang bisa saya sharing saat ini. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar